Bangunan Kuno di Indonesia

Bangunan Kuno di Indonesia – Bangunan rumah tua atau kuno semakin lama semakin hilang raib ditelan zaman. Bangunan bersejarah ini yang seharusnya dirawat dan dilestarikan keberadaannya justru makin berkurang. Padahal bangunan kuno memiliki potensi untuk dijadikan sebagai tempat wisata atau budaya bagi masyarakat.


Jenis bangunan kuno yang terdapat di Indonesia ada beberapa macam. Kalau ditinjau dari daerah asal arsitekturnya maka bisa dibedakan menjadi 2 macam, yaitu rumah adat dan rumah dari luar negeri. Rumah adat atau disebut juga rumah tradisional ini merupakan buatan penduduk asli. Contohnya seperti rumah adat joglo dari Jawa Tengah dan rumah panggung dari Sumatera atau Kalimantan. Adapun rumah dari luar negeri maka model arsitektur bangunannya diadopsi dari luar negeri, misalnya rumah Belanda.


Keberadaan rumah kuno di Indonesia kini makin jarang dan sulit untuk dijumpai. Meskipun begitu, kita masih bisa melihat beberapa peninggalan rumah yang bersejarah ini. Misalnya bila kita pergi ke daerah Jogja dan Solo maka kita bisa menjumpai rumah joglo yang merupakan sisa-sisa peninggalan keraton zaman dahulu. Nah, buat Anda yang tertarik dengan rumah joglo peninggalan keluarga keraton Solo, Anda bisa mendapatkannya di situs ini.