Ayo Berkenalan dengan Si Joglo, Rumah Kuno dari Jawa

Ayo Berkenalan dengan Si Joglo, Rumah Kuno dari Jawa - Rumah joglo merupakan salah satu arsitektur khas Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Karakteristik rumah joglo yaitu terletak  kerangka bangunan utama yang terdiri dari soko guru berupa empat tiang utama penyangga struktur bangunan serta tumpang sari yang berupa susunan balok yang disangga oleh soko guru. Struktur ruangan pada rumah joglo umumnya dibagi menjadi tiga bagian yaitu ruangan pertemuan yang disebut pendapa, ruang tengah yang disebut ruang pringgitan, dan ruang belakang yang disebut ndalem yang berfungsi sebagai  ruang keluarga.


Masyarakat Jawa Tengah tetap menerapkan bentuk denah yang berbentuk bujur sangkar dan persegi panjang yang disesuaikan dengan estetika hidup orang Jawa yang mempunyai ketegasan prinsip dalam menjalankan tanggung jawab terhadap hidupnya. Untuk mengikuti  perkembangan  zaman,  desain rumah joglo bentuk persegi ini mengalami banyak perubahan dengan penambahan-penambahan ruang pada sisi-sisi bangunannya,  akan  tetapi tetap merupakan kesatuan bentuk dari denah persegi.

Walaupun rumah joglo merupakan rumah masyarakat Jawa Tengah zaman dahulu namun mereka sudah menerapkan sistem bangunan anti gempa pada rumah joglo. Hal ini terbukti dari rumah-rumah joglo peninggalan masyarakat terdahulu di Yogyakarta yang terkena gempa bumi beberapa tahun yang lalu, tetap dapat berdiri kokoh. Alhamdulillah.

Bila Anda tertarik ingin mendapatkan sebuah rumah joglo kuno peninggalan keluarga keraton zaman dahulu, Anda bisa berkunjung ke Kota Solo. Di situs ini dijual sebuah rumah Kanjengan Keraton berbentuk joglo dari kayu jati yang lokasinya berada di dalam Kota Solo, kira-kira sekitar 1 km dari Keraton Kasunanan, Pura Mangkunegaran, dan Balai Kota Solo. Rumah yang dibangun sekitar tahun 1800-an Masehi ini masih berdiri kokoh dan menawan.