Rumah Kuno Joglo dari Jawa, Bagaimana Riwayatmu Kini?

Rumah Kuno Joglo dari Jawa, Bagaimana Riwayatmu Kini? - Rumah kuno atau rumah adat merupakan warisan dari leluhur yang sangat penting untuk dijaga dan tetap dilestarikan eksistensinya. Berdasarkan aspek arsitektur,  rumah adat jawa kuno, yaitu rumah joglo merupakan tempat tinggal atau kediaman yang sebenarnya mempunyai nilai budaya dan sejarah yang cukup tinggi.


Seiring kemajuan zaman, rumah kuno joglo kini semakin langka dan sulit untuk dijumpai. Zaman yang semakin  maju dan berkembang membuat bangunan rumah model joglo ini kurang diminati, selain itu dalam pembuatan rumah joglo juga memerlukan biaya yang cukup mahal, karena dalam pengaplikasiannya membutuhkan banyak kayu berkualitas tinggi seperti kayu jati, dimana persediaan kayu semakin menipis dan harga kayu yang semakin mahal. Hal demikian yang membuat, hanya kalangan tertentu yang dapat membangun rumah joglo dengan material baru. 

Hal yang tersebut diataslah yang menjadi ide pemikiran dari beberapa bentuk rumah yang mengambil sebagian kecil rumah joglo, seperti saka guru, blandar tumpang sari, kendhit, dll. 

Rumah–rumah tersebut didesain dengan konsep modern, tetapi tetap mengaplikasikan beberapa bagian dari rumah adat joglo. Namun pada pelaksanaan pembangunannya seringkali nilai atau falsafah dari rumah joglo itu hilang atau sebagai ornamen penghias saja. Oleh karena itu, sebagai suatu budaya yang merupakan warisan nenek moyang, rumah joglo tetap harus dilestarikan dengan pengaplikasian rumah joglo maupun bagian–bagiannya baik dalam bentuk yang utuh maupun dalam skala yang lebih kecil, agar warisan budaya terdisional berupa joglo tidak hilang.

Di situs ini dijual sebuah rumah kuno di dalam Kota Solo. Model rumah berbentuk joglo dengan full kayu jati. Rumah memiliki nilai sejarah dan budaya sebab merupakan peninggalan keluarga Keraton Kasunanan Solo. Anda tertarik ingin memiliki rumah kuno antik peninggalan keluarga keraton? Silakan menghubungi Kontak Kami.