4 Tips Membeli Rumah yang Perlu Anda Perhatikan

4 Tips Membeli Rumah yang Perlu Anda Perhatikan - Rumah merupakan tempat kita tinggal dan berlindung dari hujan dan terik matahari. Kalau bisa kita beli rumah untuk jangka waktu yang lama sampai kita meninggal, jadi tidak usah bolak-balik pindah rumah terus karena merasa tidak betah tinggal di rumah yang baru dibeli. Untuk itu, saat kita mau membeli rumah ya sebaiknya perlu cermat dan tidak asal beli saja.


Berikut ini beberapa tips saat akan membeli rumah:

1. Yang paling penting ialah cari rumah dijual yang lokasinya strategis
Poin pertama ini adalah yang paling penting menurut kami. Bila Anda ingin membeli rumah maka pilihlah yang lokasinya strategis dekat dengan berbagai fasilitas umum seperti sekolah, kantor tempat Anda bekerja, kantor instansi pemerintah, tempat wisata, pasar, mall atau pusat perbelanjaan, tempat ibadah, rumah sakit, stasiun, stadion, dll. Rumah yang strategis misalnya terletak di dalam kota.

2. Kondisi lingkungan rumah harus aman dan bebas banjir
Cari rumah ya harus yang kondisi lingkungannya aman, tidak rawan kejahatan/pencurian, tidak digunakan untuk mangkal para preman, dsb. Di samping itu, cari rumah yang aman dari banjir. Jangan cari rumah yang rawan banjir seperti dekat sungai atau di bawah tanggul/bendungan. Rumah yang seperti ini tentu sangat berbahaya bila musim hujan tiba.

3. Kondisi rumah masih bagus
Kalau mau mencari rumah yang kondisinya bagus yang cari yang baru dibangun. Tujuannya agar lebih nyaman dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk merenovasi rumah. Bisa juga rumah bekas asal kondisinya masih bagus dan layak untuk dihuni.

4. Sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda
Nah, poin yang satu ini juga tidak kalah penting. Bila kita mau beli rumah ya harus ingat tingkat kemampuan ekonomi kita masing-masing. Jangan sampai membeli rumah yang terlalu mahal sehingga kita tidak sanggup melunasinya. Kecuali bila kondisi keuangan kita cukup mampu untuk membeli rumah yang mahal maka ya tentunya tidak mengapa.

Demikian beberapa tips yang perlu diperhatikan saat akan membeli rumah. Mungkin saja masih ada beberapa tips yang lain seperti view pemandangan alam, rumah menghadap matahari pagi, dll.

Bila di antara para pembaca ada yang tertarik dengan rumah kuno dijual di Solo, di situs ini menawarkan sebuah rumah joglo kuno peninggalan keluarga keraton yaitu Pakubuwono III dan GPH Mangkunegoro. Lokasinya juga strategis berada di dalam Kota Solo, hanya sekitar 1 km dari Keraton Kasunanan Solo. Anda berminat? Silakan menghubungi Kontak Kami.